Jumat, 03 Mei 2013


5 GEYSER PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Geyser adalah mata air panas yang menyembur secara periodik dan mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Pembentukannya bergantung pada hidrogeologi tertentu, karenanya geyser adalah fenomena yang jarang ditemui.
Tontonan semburan geyser selama bertahun-tahun menjadi salah satu tontonan menarik dan dijadikan sebagai atraksi wisata.

Taman Nasional Yellowstone (Amerika Serikat)

Taman nasional pertama di dunia ini memiliki ribuan sumber air panas dan juga sekira 300 hingga 500 geyser. Setengah dari geyser yang ada di seluruh dunia dimiliki oleh taman nasional ini. Geyser di Yellowstone termasuk geyser tertinggi yang aktif yaitu Stemaboat Geyser. Semua geysernya berlokasi sebagian di Wyoming, dan sebagian kecil di Montana dan Idaho.

Valley of Geysers (Rusia)

The Valley of Geysers atau bukit geyser ini berlokasi di Tanjung Kamchatka, Rusia, dan merupakan satu-satunya padang geyser di kawasan Eurasia yang memiliki konsentrasi geyser terbesar kedua di dunia, setelah Taman Nasional Yellowstone. Area geyser ditemukan Tatyana Ustinova pada 1941, yang menemukan sekira 200 geyser di bukit ini beserta banyak pemandian air panas. Area terbentuk akibat aktivitas volkano yang cukup ganas.

El Tatio (Chili)

Nama "El Tatio" berarti "Kakek" dalam bahasa spanyol. El Tatio berlokasi di bukit tinggi di Andes yang dikelilingi banyak gunung berapi aktif, di ketinggian 4.200 meter di atas permukaan laut. Bukit ini memiliki sekira 80 geyser hinggga saat ini. Semburan geyser tertinggi di El Tatio ini hanya dapat mencapai 6 meter.

Taupo Volcanic Zone (Selandia Baru)

Taupo Volcanic Zone terleetak di pulau utara Selandia Baru, dengan panjang 350 kilometer, lebar 50 kilometer dan terletak di zona subdiksi pada kulit bumi. Kawasan ini dibatasi Gunung Ruapehu di sebelah barat daya, sementara gunung berapi dasar laut Whakatane di sebelah timur laut. Banyak geyser di kawasan ini yang telah hancur karena pengembangan geotermal, hanya menyisakan beberapa lusin saja. Semburan geyser disini bisa mencapai tinggi 500 meter.

Islandia

Islandia adalah negara dengan aktivitas volkano yang sangat tinggi, sehingga membuatnya menjadi lokasi geyser-geyser terbesar di dunia, yang menyebar di penjuru negara ini. Kebanyakan geyser terletak di Haukadalur. Selama abad ke-20, erupsi geyser di Islandia biasanya diiringi gempa bumi dari waktu ke waktu. Salah satu geyser yang terkenal adalah geyser Strokkur yang menyemburkan uap panas setiap 5-8 menit dengan ketinggian mencapai 30 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar